Langsung ke konten utama

asal usul android dan perkembangannya



perkembangan os android
 
Halo sob, ketemu lagi sama kita di placedroid. tempatnya informasi seputar android, kali ini kita akan membahas sejarah perkembangan android dari masa ke masa nih sob, di jaman sekarang hampir sebagian besar orang sudah menggunakan sistem operasi android ini, mulai dari anak-anak hingga kakek dan nenek pun sekarang sudah terbiasa menggunakan ‘si robot hijau’ ini, tapi apakah sobat udah mengetahui asal muasal si android ini? Langsung aja sob kita bahas asal usul dan perkembangannya.  

Awal mula android
Banyak orang mengira android itu buatan sepenuhnya Google, tapi apakah pernyataan itu benar? Jawabannya adalah salah sob, android sendiri pertama kali dikembangkan oleh ‘android.inc’ yang didirikan oleh : Andy Rubin, rich miners, nick sears, dan chris white di pato alto California pada oktober 2003. Android sendiri adalah sebuah sistem android yang dikembangkan untuk perangkat mobile, yang berbasis kernel ‘linux’.
Tujuan awal dikembangkannya android adalah untuk membuat sistem operasi pada smartphone yang diharapkan mampu menyaingi kepopuleran Symbian yang pada saat itu tengah naik daun. Setelah beberapa tahun berkembang akhirnya google mengakusisi (mengambil alih) android.inc pada 17 agustus 2005, yang menjadikan android.inc sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh google.

1.android 1.0
Versi pertama dari android ini resmi diluncurkan pada 23 september2008. Versi pertama ini bernama android 1.0 , yang di terapkan di perangkat smartphone pertama yaitu htc dream (kiri), di versi ini pula google pertama kali memperkenalkan mekanisme notifikasi pull down notification, yang membuat kita dapat melihat seluruh notifikasi dengan cara menggulir layar ke bawah.

2.cupcake 1.5
Setelah meluncurkan android 1.0, pada tahun berikutnya yaitu pada 30 april 2009 google meluncurkan versi android terbaru mereka yaitu cupcake, pembaruan signifikan di banding versi sebelumnya adalah, kemampuan merekam video dengan ponsel dan kemampuan keyboard layar sentuh.(screenshot versi cupcake,kanan)




3.donut 1.6 
Setelah meluncurkan versi android cupcake, hanya dalam jangka waktu 5 bulan google kembali merilis versi android terbaru mereka tepatnya pada 15 September 2009, di dalam versi ini google memberikan beberapa penyempurnaan dari versi sebelumnya, salah satunya seperti galeri, kamera, dan kemampuan merekam video yang lebih terintegrasi, dengan akses kamera yang lebih cepat, sehingga di harapkan dapat meningkatkan user experience mereka.

4.eclair2.0
Satu bulan setelah perilisan donut, google kembali merilis versi terbaru android ini yaitu éclair, dirilis pada 26 oktober 2009 pada versi inilah android pertama kali menghadirkan google maps, selain itu juga ada fitur motion event yang dapat melacak aktifitas multi sentuh di layar smartphone ini.



 

5.froyo2.2
Diluncurkan ada 20 mei 2010 yang hampir berbarengan dengan nexus one. Pada versi ini mendukung kehadiran adobe flash, dukungan tampilan hingga 720p dan peningkatan fungsi hotspot wifi. Dan di segi keamanan google juga menambah kan fitur opsi penguncian dengan PIN.


6.gingerbread 2.3
Dirilis pada 6 desember 2010Pada versi pembaruan ini Google menambahkan effect audio baru seperti equalizer, virtualisasi dan bass Boost, serta dukungan sensor yang lebih banyak seperti giroskop dan barometer



 
7.honeycomb 3.0
Pada tahun 2011 Google kembali merilis Android 3.0 yaitu honeycomb yang mendukung kemampuan tombol virtual untuk Home Back dan menu, dukungan akselerasi perangkat keras serta dukungan prosesor multicore yang bisa membuat perangkat Android ini lebih cepat dibanding sebelumnya.

8.ice cream sandwich 4.0
Lanjut ke versi 4.0 Ice Cream Sandwich diperkenalkan pada 19 Oktober 2011 pada ice cream Sandwich ini Launcher bisa dikostumisasi dan juga mendukung perbaikan kesalahan pada koreksi papan ketik sehingga meminimalkan typo atau kesalahan yang sayang sering terjadi pada penulisan pesan. Serta penambahan penjelajahan web bawaan pada krom yang mampu membuka hingga 16 tab yang memudah
kan kita untuk surfing di internet

9.jelly bean 4.1
pada tahun berikutnya tepatnya pada 9 Juli 2012 Google kembali menghubungkan Android 4.1 yaitu Jelly Bean pada konferensi Google tanggal 27 juni 2012 perangkat yang pertama menggunakan sistem operasi ini adalah tablet Nexus Seven yang dirilis pada 13 Juli 2012 pada versi ini dapat ditemukan banyak pembaruan dari versi yang sebelumnya seperti kemampuan pencarian Google Now menambahkan widget aplikasi tanpa akses root peningkatan aksebilitas serta papan ketik yang dapat dimodifikasi pengguna dan masih banyak peningkatan lainnya yang terdapat pada versi ini. 

10. kitkat 4.4
Selanjutnya ada Android KitKat dirilis pada 3 September 2013 memulai debutnya pertama kali pada Google Nexus 5 perangkat yang bisa menjalankan OS ini harus memiliki minimal 340 MB RAM dan semua perangkat dengan RAM yang kurang dari 512mb harus melaporkan diri mereka sebagai perangkat dengan RAM rendah. KitKat sendiri merupakan jembatan versi antara versi sebelumnya itu Jelly Bean dan Lollipop perbedaan versi ini dengan versi sebelumnya yaitu lebih sederhana dengan transparasi memudar pada Tombol menu. 



11. lollipop 5.0
Pada versi selanjutnya yaitu pada Android 5.0 lollipop di versi ini Google tidak memberikan banyak tambahan yang berarti kecuali dari segi tampilan yang semakin minimalis dan terkesan modern Google juga menambahkan fitur keamanan yaitu factory reset protection fitur ini berguna untuk menghapus seluruh data di Android kita ketika Smartphone kita hilang tanpa memasukkan ID Google dan kata sandi sehingga data-data kita dapat terhindar dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab 



12.marsmellow 6.0
lanjut ke Versi berikutnya ada versi 6.0 . pada versi ini kamu bisa melihat bahwa tampilan pada marsmellow sedikit terlihat lebih minimalis dan juga Google menambahkan fitur fingerprint yang dapat memindai sidik jari kita untuk meningkatkan keamanan sehingga privasi kita lebih terjamin. 
itu marshmellow versi ini merupakan pemutakhiran dari versi sebelumnya yaitu lolipop dirilis pada 17 Agustus tahun 2015 marshmallow mempunyai fitur baru yaitu fitur doze fungsinya mematikan aplikasi tidak berguna yang berjalan di latar belakang sehingga dapat menghemat baterai dan meningkatkan jumlah RAM yang tersedia selain itu juga ada peningkatan di sisi tampilan yang membuat

13. nougat 7.0
Dan yang terakhir ada Android nougat versi paling mutakhir dan paling baru yang diperkenalkan pada  23 Agustus 2016 Android nougat sendiri memiliki fitur dan spesifikasi multiscreen yang yang berarti kita dapat membuat 2 aplikasi bersamaan atau dalam istilah kerennya multitasking. Serta telah mendukung penggunaan VR atau virtual reality yang dapat digunakan untuk menonton film ataupun memainkan game sehingga terasa lebih nyata.


Ya itu Dia sob asal-muasal Android serta versi-versi nya hingga sekarang mulai dari Android 1.0 hingga yang paling baru Android nougat 7.0 ternyata Android telah mengalami sangat banyak peningkatan hingga versi yang terbaru saat ini semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian yang ingin mengetahui asal-usul Android ataupun bila ingin bertanya hal seputar Android, masukan atau yang lainnya silakan isi  di kolom komentar, terima kasih.

 kata kunci:
#sejarah android
#sejarah perkembangan android
#awal mula android

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hp ram 2gb 1 jutaan paling recomended

Halo sob ketemu lagi sama kita di placedroid, dalam postingan kali ini place droid akan memberikan daftar hp dengan ram 2gb harga 1 jutaan yang sobat placedroid  rekomendasiin buat kamu. Di zaman modern ini hp sudah seperti menjadi kebutuhan wajib untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua nah untuk kalian yang sudah mencari hp dengan ram 2 giga tapi dengan budget satu jutaan nih sobat flash droid akan memberikan daftar hp apa saja yang paling recomended buat kamu mulai dari harga kurang dari satu juta hingga mendekati 2 juta langsung aja sob ini dia daftar nya. 1.        Sony xperia zr Di urutan pertama place droid   merekomendasikan sony xperia zr Harga pertama kali saat hp ini dirilis mencapai 4-5 jutaan sob, tapi sobat gk usah khawatir, hape yg pertama kali rilis tahun 2013 ini sekarang harga bekasnya sudah menjadi hanya 800rb-an. Iya 800rb aja sob, meskipun bekas tetapi nama besar “sony” pada hp ini membuat kualitasnya masih bisa kita har